Spesialis Ikan Gurami di Bali

Ikan gurami merupakan ikan yang banyak hidup di Asia Tenggara. Ikan jenis ini di Indonesia banyak dikonsumsi menjadi berbagai macam masakan. Meski begitu ada beberapa orang lebih suka merawatnya di dalam akuarium guna dipelihara. Hewan dengan nama latin osphronemus goramy ini banyak memiliki gizi.

Ikan ini nyatanya punya jumlah protein lebih banyak jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Misalnya saja lele, nila dan juga ikan mas. Ketiganya mempunyai jumlah protein kalah besar jika dibandingkan dengan gurami. Terbukti protein ikan gurami 19%, sementara ikan lele hanya 18,2%, ikan nila dan ikan mas malah lebih kecil proteinnya.

Protein ini mempunyai banyak manfaat buat tubuh. Pertama, protein bisa jadi zat yang efektif membuat risiko terkena jantung koroner berkurang. Selain itu, protein dari ikan gurami ini juga memberi manfaat lain, misalnya untuk mendorong tumbuh kembang balita. Apalagi bayi dengan lactose intoleran  yaitu tubuh bayi tak bisa menerima laktosa seperti susu. Padahal susu mempunyai banyak kandungan protein.

Oleh karena itu, ikan air tawar seperti gurami bisa dijadikan alternatif makanan bergizi.  Selain itu, protein layaknya gurami juga bisa digunakan tubuh untuk memperbarui sel rusak di badan. Jadi, karena tubuh tiap harinya menghancurkan darah ke empedu. Maka otomatis harus ada pembaharuan sel darah. Caranya dengan sintetis biokimia, dalam sintetis tersebut, protein dibutuhkan agar sel tercipta.

Wajib Tahu Trik Budidaya Ikan Gurami, Ikuti Langkahnya

Setelah tahu manfaat ikan satu ini, kini waktunya belajar untuk membudidayakan. Apalagi, gurami ini banyak disukai karena rasanya yang enak. Oleh karena itu harus tahu trik serta tipsnya. Pertama, Anda tentu saja harus membuat kolam, tetapi jangan asal buat.

Cara membuatnya, dengan terpal diletakkan di tumpukan bata atau dinding. Jika sudah tinggal merencanakan pengairannya. Hal penting dari mengisi air kolam adalah jangan sampai airnya kurang dari 75 cm. Selain itu, bibit ikan diletakkan setelah 1 minggu pengisian air pertama.

Jika sudah Anda bisa meletakkan bibit ikan gurami. Taruhlah 100-200 ekor dalam kolam. Letakkan yang usianya dua bulanan. Taruhlah sedikit, supaya leluasa dalam bergerak. Setelah itu, Anda bisa meletakkan tanaman semacam enceng gondok agar mereduksi masuknya silau matahari.

Baca juga:

Jangan lupa memberi sanitizer. Fungsinya agar kuman di kolam mati. Taruhlah pada dua mingguan. Selain itu, kolam harus bersih, caranya dengan dibersihkan dua minggu sekali. Sebab biasanya banyak daun dan kotoran masuk ke kolam. Jika sudah, Anda bisa memanen.

Proses memanen harus tepat. Gurami terbaik untuk dipanen adalah dengan bobot 2,5 ons. Biasanya waktu panen 5 bulan sampai 6 bulanan. Waktu tepat bisa membuat ikan ini mempunyai harga jual setara dan menguntungkan bagi Anda.

Berbagai Olahan Spesialis Ikan dari Gurami

Sekarang Anda sudah tahu betul macam manfaatnya dan juga cara membudidayakannya dengan benar. Maka sekarang tinggal tahu resep-resep memasaknya. Pertama, bisa dibuat menjadi pepes legit dan gurih. Membuat makanan ini cukup siapkan gurami, jeruk nipis, tomat dan kemangi dan jangan lupa daun pisang.

Bumbunya bisa menggunakan bawang putih 2, bawang merah 4, kemiri 3, jahe 2, lengkuas 1 saja dan cabe sesuai selera. Jika selesai, bumbu semua dihaluskan, selagi itu daging di lumuri jeruk nipis. Semua dicampur jadi satu lalu dimasukkan ke dalam daun pisang dan kukus 10 menit.

Selain itu bisa juga dibuat menjadi gurami sambal. Membuat masakan ini yang diperlukan adalah gurami, jeruk nipis, bawang putih 2, cabe sesuai selera, terasi goreng sedikit, kunyit 1, ketumbar sedikit, garam dan tomat. Lalu, caranya semua bumbu halus di ulek. Lalu di balurkan ke daging.

Langkah selanjutnya daging gurami di marinasi selama 30 menit sampai 1 jam. Jika sudah, di goreng dengan api sedang. Sajikan sambel sesuai selera dan dibalurkan ke atas gorengan tadi. Sekarang siap untuk dimakan. Tetapi semua itu cukup merepotkan, apalagi jika Anda sedang liburan.

Ada cara praktis untuk makan tanpa harus repot memasak. Caranya tinggal beli ke restoran enak dan terpercaya, apalagi bagi Anda yang sedang liburan. Jika kebetulan di Denpasar, bisa pergi ke salah satu resto murah Pondok Mina yang menyediakan aneka menu gurami dengan paket hematnya.

Recommended Posts
Comments
pingbacks / trackbacks
Restoran Ikan Gurami di Balirumah-makan-ikan-gurami-di-bali
30% Diskon OFF