Sejarah Ikan Gurami

Menurut para ahli, sejarah ikan gurami ini telah ada sejak tahun 1800-an. Gurami ini masuk dalam keluarga Anabantidae. Dahulu, gurami dapat dikategorikan sebagai ikan hias. Namun seiring dengan berjalannya waktu, ikan ini menjadi salah satu jenis ikan yang enak untuk dikonsumsi.

Gurami sendiri menjadi salah satu jenis ikan endemik (asli) Indonesia. Ikan ini dahulu hidup dan berkembang biak di perairan Sunda, Jawa Barat. Dan kemudian ikan ini mulai tersebar ke beberapa Negara di dunia, seperti Thailand, Malaysia, hingga Australia. Hingga kini, Negara-Negara tropis mulai membudidayakan gurami karena tingginya permintaan.

Mengenal Ciri-ciri dari Gurami

Sekilas, gurami memiliki kesamaan bentuk dan warna dengan ikan nila. Sehingga banyak orang sukar membedakan antara kedua jenis ikan yang hidup di air tawar ini. Oleh sebab itu, ada beberapa ciri-ciri dari gurami. Di antaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Pipih

Pertama, bentuk dari ikan ini terlihat pipih dan sedikit memanjang. Jadi dapat dipastikan bila daging gurami ini lebih tebal dibandingkan dengan ikan nila.

2. Ada Duri di Bagian Sirip Punggung dan Sirip Dubur

Sebagai salah satu ikan yang hidup di air tawar, gurami memiliki ciri khas yakni terdapat duri di bagian sirip punggung dan sirip dubur. Duri ini berfungsi untuk menghindari serangan predator. Semakin panjang duri di bagian sirip punggung dan dubur, maka semakin tua pula usia dari gurami tersebut.

Alasan Gurami Menjadi Salah Satu Ikan Konsumsi Terlezat

Beberapa pecinta kuliner seafood mengatakan bahwa ikan tersebut menjadi salah satu ikan konsumsi terlezat. Sebab, tekstur daging gurami ini cukup tebal dan lembut. Apabila diolah, maka bumbu rempah-rempah dapat meresap hingga ke dalam daging.

Di Indonesia, banyak menu olahan masakan berbahan dasar ikan gurami. Salah satu makanan tradisional yang cukup banyak disukai oleh pecinta kuliner nusantara adalah ikan bakar gurami khas Bali.

Memang, Pulau Bali menjadi salah satu “kiblat” kuliner tradisional nusantara. Sebab, banyak makanan khas dari Pulau Dewata yang disukai oleh para wisatawan. Salah satunya adalah menu olahan gurami. Tak heran jika banyak wisatawan, baik asing maupun lokal yang memesan menu gurami ketika berkunjung ke restoran.

Hanya saja, tidak semua restoran di Bali menyajikan menu olahan gurami yang lezat dan nikmat. Oleh sebab itu, Anda perlu tahu di mana lokasi restoran yang sajikan menu olahan gurami dengan bumbu tradisional khas Bali.

Mengunjungi Restoran Khas Bali yang Menyajikan Berbagai Olahan Gurami dengan Bumbu Tradisional

Bagi Anda yang ingin mencoba olahan gurami lezat dengan bumbu tradisional khas Bali, maka Anda bisa langsung ke Pondok Mina, restoran ini merupakan salah satu tempat makan yang sudah berdiri sejak tahun 1999. Sehingga, cita rasa olahan gurami tak perlu diragukan lagi.

Terdapat beberapa jenis menu olahan masakan dari bahan gurami. Salah satu menu andalan dari restoran ini adalah gurami bakar, gurami goreng sambal matah, gurami asam manis, hingga sup gurami.

Baca juga:

Semua dapat Anda pesan, sesuai dengan keinginan Anda. Selain itu, lokasi dari rumah makan ini juga tidak terlalu jauh dari pusat kota, yakni berada di Jl. Untung Suropati, Padang Kerta, Karangasem atau di cabang lainnya di Jl. Veteran, Jalur Sebelas, Padang Kerta, Karangasem dan di Jl. Noja No. 147, Denpasar, Bali.

Apa yang Membedakan Menu Gurami di Restoran ini dengan Restoran Lainnya ?

Memang, restoran ini memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan restoran yang sama-sama menyediakan olahan makanan dari bahan ikan air tawar, seperti gurami. Yang membedakan adalah bumbu rempah-rempah dan jenis ikan yang digunakan. Disini, gurami yang akan disajikan tentu masih segar.

Selain itu, ukuran gurami yang disajikan pun cukup besar. Sehingga pelanggan merasa puas dengan menu gurami yang disajikan. Kemudian, kami juga menggunakan bahan rempah-rempah terbaik agar guna menjaga cita rasa khas olahan gurami khas Bali. Maka dari itu, Anda wajib ke sini jika mencari lokasi tempat makan ikan gurami di Denpasar.

Bali menjadi salah satu barometer wisata kuliner khas nusantara. Sebab, di Pulau Dewata ini terdapat berbagai macam kuliner khas Bali yang wajib dicoba. Apabila Anda menyukai olahan menu gurami, maka Anda bisa langsung mengujungi restoran Pondok Mina cabang terdekat.

Recommended Posts

Leave a Comment

restoran-ikan-air-tawar-enak-di-bali
30% Diskon OFF