Restoran Ikan Gurami Paling Enak di Bali

Pondok mina merupakan salah satu lokasi rumah makan di Bali yang populer. Bali sendiri suatu provinsi di Indonesia dengan 8 kabupaten teregristasi di dalamnya. Selain kabupaten juga ada 1 kota di dalamnya. Provinsi ini memiliki penduduk yang kebanyakan menganut kepercayaan Hindu dengan berbagai ciri khas tradisinya.

Bali dilingkupi dengan berbagai pulau. Ada Pulau Nusa Lembongan, Nusa Ceningan, Pulau Serangan, Pulau Nusa Penida dan sebagainya. Pada wilayah ini ada dua buah gunung yang terkenal, yaitu Gunung Agung, serta Gunung Batur. Selain itu dilingkupi dengan banyak pantai indah yang biasa menjadi destinasi wisata. 

Jumlah penduduknya mencapai 4 jutaan lebih dengan mata pencaharian kebanyakan dalam bidang pariwisata, perikanan serta pertanian dan kesenian. Pertaniannya juga cukup unik, dengan menggunakan sistem seperti Subak membuat salah satu sawah justru menjadi sebuah destinasi wisata.

Hal tersebut bukanlah hal aneh, sebab selain memiliki banyak wisata alam, tradisinya yang unik serta makanannya seperti ikan gurami enak juga menjadi pemikat bagi siapapun yang ada di sana. Beberapa destinasi wisata harus Anda kunjungi ketika ke sana.

Pertama ada Pantai Lovina. Pantai ini meski belum banyak diketahui pelancong Indonesia, namun sebenarnya memiliki pesona tersendiri. Sebab, di pantai ini Anda bisa melihat hewan lumba meloncat riang. Selain itu juga ada destinasi lainnya. Misalnya arung jeram di telaga waja. Hal ini cocok sekali untuk penikmat wisata air. Selain arung jeram, Anda juga bisa menaiki gunung dekat telaga waja. Ada juga Pantai Dreamland, indah dengan pasir putih dan laut kehijauan. Pantai ini dekat dengan wisata Garuda Wisnu Kencana.

Menu Spesialis Ikan dan Makanan Khas Bali Lainnya yang Wajib Dicoba

Setelah mengetahui beberapa destinasi yang harus dikunjungi. Sekarang saatnya untuk tahu makanan di Bali yang wajib dicoba. Ikan gurami sambal matah adalah salah satu makanan yang wajib coba. Seperti namanya, ikan ini digoreng dan dilumuri sambal mentah khas Bali kaya cita rasa.

Kedua, ada gurami pepes yang khas dan sudah sangat terkenal. Banyak orang yang menyukai olahan satu ini, sebab punya cita rasa rempah kuat. Apalagi cara masaknya juga cukup unik, sebab bisa memakan waktu dua harian. Ada juga makanan khas lainnya.

Baca juga:

Misalnya jukut urab. Makanan satu ini, cukup mirip dengan urap Jawa. Urap sendiri diisi dengan berbagai sayuran, namun berbeda dengan urap Jawa, urap Bali diberi kacang goreng dan perasan jeruk nipis.  Selain itu disertakan juga bumbunya yang khas. Ada juga gurami bakar sambal mangga. Dibuat dari ikan gurami atau ikan air tawar lainnya. Aroma yang khas menjadi ciri dari makanan ini sebab diasapi dengan sabut kelapa. Hal ini membuat ikan menjadi empuk dan bumbu meresap sempurna. Meski begitu dibutuhkan waktu cukup lama mengolahnya untuk mendapatkan cita rasa yang diinginkan.

Fakta Unik Ikan Gurami, Makanan Laris di Bali

Ada satu makanan yang juga tidak kalah laris di Bali dan wajib coba. Makanan tersebut terbuat dari gurami. Gurami sendiri ikan air tawar yang banyak ditemukan di wilayah Asia Tenggara. hewan ini tinggi protein dan bisa diolah menjadi banyak olahan makanan.

Tidak hanya itu, gurami juga mampu tinggal di tempat dengan sedikit oksigen. Sebab gurami mempunyai insang bentuk labirin. Insang ini di atas insang utama, dan berfungsi mengambil oksigen langsung dari udara. Oleh karena itu, jenis hewan ini bisa hidup di air keruh sekalipun.

Fakta lain dari gurami adalah bentuk tubuhnya. Pejantannya memiliki bentuk tubuh ramping, jika dibandingkan dengan betinanya. Pejantan juga jauh lebih gesit, mungkin karena dipengaruhi bentuk tubuhnya tersebut. Berbeda dengan betinanya, lambat dalam bergerak dan berenang di air.

Selain itu, penjantannya sangat bertanggung jawab. Hal ini terlihat ketika betina mau bertelur. Pejantannya bakal membuat sarang, sarangnya terbuat dari tanaman kering. Jika sudah terbuat, sarang bisa untuk tempat telur. Agar tidak terganggu, sarang ini diletakkan pada area tersembunyi.

Tidak hanya itu, penjantan dan betinanya semua bisa memakan berbagai jenis makanan. Terbukti, ketika masih menjadi larva, gurami memakan serangga air dan plankton. Lalu saat dewasa, bisa memakan macam-macam tumbuhan seperti kangkung dan lainnya.

Gurami juga bisa dibuat menjadi berbagai macam olahan makanan. Mulai dari di goreng, di pepes, di bakar dengan sambal mangga dan lainnya. Berbagai olahan tadi bisa ditemukan ketika melancong ke Bali. Terdapat resto terkenal dan murah di sana yang menyediakan berbagai olahan ikan gurami enak.

Recommended Posts
restoran-ikan-gurami-di-denpasarasyiknya-makan-ikan-gurami-di-bali
30% Diskon OFF